Minggu, 16 Oktober 2011

CARA TERBAIK BERLATIH MELODI GITAR

Sukarkah memainkan melodi gitar? Menurut penulis lumayan sukar karena berdasarkan pengalaman saya, dari sekian banyak pemain gitar yang pernah saya temui di lingkungan saya, cuma segelintir yang tahu memainkan melodi di gitar. meskipun cuma memakai feeling doang.
Trus ada ga cara yang paling mantap buat berlatih gitar? oleh karena penulis sendiri pernah berlatih gitar (lumayan juga coz sekarang udah bisa memainkan teknik advanced melody, he he he), di bawah ini penulis suguhkan bagaimana cara mengembangkan permainan gitar anda.


1. Latihan secara teratur setiap hari. paling tidak habiskan 15-30 menit setiap hari untuk berlatih teknik teknik, baik itu chord, bermain lagu, ataupun cuma genjreng-genjreng rhythm aja, udah lumayan untuk menajamkan feeling musik anda.

2. Dengarkan banyak lagu dan coba mainkan. ini akan membuat kepekaan serta wawasan musik anda makin tajam. jika ada melodi atau solo gitar dalam lagu itu, coba bunyikan pada gitar anda. ini merupakan langkah awal berlatih melodi.

3. Langkah terpenting, pelajari skala/tangga nada. ini langkah paling penting untuk bisa memainkan berbagai solo melodi apapun pada gitar anda. Musik tersusun dari nada-nada yang terdapat dalam tangga nada. karena itu belajar skala/tangga nada merupakan syarat mutlak bagi anda untuk bisa menjadi profesional dalam bermain musik. tidak tahu apa itu skala? berikut gambaran penulis, coba anda bunyikan nada do re mi fa dan seterusnya pada gitar anda. nah, susunan nada-nada itulah yang disebut skala mayor. hafalkan tempat-tempat nada itu pada fretboard gitar anda (ada banyak situs internet yang menyediakan diagram lengkap berbagai skala pada gitar) . latih naik turun secara berurutan dari tali 1 sampai 6 setiap hari biar anda hafal mati tempat-tempat nadanya. beri berbagai bumbu untuk menyedapkan bunyi gitar anda. seperti bending, slide, harmonic, hammer on, sweeping, dan sebagainya.
4. gunakan teknologi. sekarang sudah banyak video-video guitar lesson yang bertebaran di youtube, tablature, serta software-software seperti guitar pro yang membuat belajar gitar jadi makin asyik. gunakan dan manfaatkan semuanya itu. ini akan makin memudahkan jalan anda menuju gitaris hebat sekelas joe satriani atau steve vai sekalipun. saran penulis tetaplah berlatih, dan perdalam ilmu musik anda agar bisa menciptakan musik kreatif anda sendiri. Agar anda tidak hanya bisa menjadi plagiator-plagiator seperti banyak band-band tanah air dewasa ini, yang hanya bisa mencontek karya bangsa lain. jelas merusak citra musik bangsa ini.

Sekian dulu yah. en moga posting ini berguna.

Comments :

0 komentar to “CARA TERBAIK BERLATIH MELODI GITAR”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Tkp Otomotif

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger