Sabtu, 12 November 2011

Metode Dan Penelitian Ilmiah Pada Psikologi

Apa yang membuat psikologi dan ilmu alam lain terpisah dari bidang keilmuan lain?                                          Sains tidak didefinisikan oleh apa yang diselidiki melainkan bagaimana ia menyelidiki.

a.      Sebuah pendekatan ilmiah

Inti dari pendekatan ilmiah ada empat sikap yaitu : rasa ingin tahu, keragu-raguan, objektif, dan keinginan untuk berpikir kritis.

b.      Kolaborasi

laporan penelitian adalah inti dari informasi yang sangat disiplin disetiap akademik. Yang ditampilkan di sini adalah beberapa jumlah peningkatan laporan penelitian yang mempublikasikan informasi mengenai dukungan psikologi yaitu : laporan umum psikologi eksperimental, catatan psikologi, psikologi kepribadian social, perkembangan dukungan psikologi, dan dukungan psikologi buletin.

c.       Metode ilmiah 

Ada empat langkah metode ilmiah :

·         mencari masalah

·         mengumpulkan informasi penelitian/data

·         analisis data/analisa data

·         menarik kesimpulan

proses ini berdasar pada dua ide kunci yaitu : Teori dan hopotesis

Teori adalah ide yang luas atau kumpulan dari ide-ide yang berkaitan secara dekat yang mencoba untuk menjelaskan sebuah pengamatan tertentu. Teori mencoba menjelaskan mengapa sesuatu terjadi. Teori juga dapat digunakan untuk membuat prediksi tentang pengamatan di masa depan.

Hipotesis  adalah sebuah ide yang muncul secara logis sebagai hasil sebuah teori. Hipotesis merupakan prediksi yang selalu dapat diuji.

Definisi operasional adalah sebuah lingkungan atau kelakuan yang didefinisikan sedemikian sehingga dapat diamati secara obyektif dan dapat diukur. Tahun 1983 Pennebaker dan seorang siswa, Sandra Bella memilih untuk menguji hipotesis berikut. Jika seseorang menceritakan emosi negative mereka dan situasi yang menyebabkannya, mereka akan mengurangi stress mereka dan akan menjadi lebih sehat di masa depan.

Populasi adalah keseluruhan grup yang ingin dipelajari peneliti sedangkan Sampel adalah bagian dari popilasi yang dipilih pengamat untuk dipelajari. Sampel acak adalah sebuah sampel dimana setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih.

Ø  Penelitian Deskriptif

Beberapa teori psikologi telah bertumbuh dari hasil panelitian deskriptif. Yang mana membantu tujuan dari pengamatan dan perekaman kelakuan. Pengamatan ilmiah membutuhkan beberapa kemampuan, saparti sistematis dan keefektifan.

Ø  Pengamatan di laboratoium.

Saat kita melakukan penelitian ilmiah, kita terkadang harus mengontrol faktor-faktor tertentu yang menentukan kelakuan. Tapi tidak terfokus pada permintaan/keinginan kita. untuk alasan inilah banyak peneliti di bidang psikologi terlibat di sebuah laboratorium. Penelitian di laboratorium juga memiliki kekurangan. Pertama, hampir mustahil untuk terlibat di laboratorium tanpa partisipan yang benar;benar tahu bahwa mereka sedang dipelajari. Yang kedua, seting di laboratorium tidaklah alami dan karena itu dapat membuat partisipan yang diteliti menjadi tidak alami kelakuannya. Kekurangan yang lain adalah orang;orang yang berkeinginan untuk memasuki laboratorium univesitas mungkin tidak benar dalam grup latar lingkungan yang berbeda. Selain itu pengamatan di laboratorium juga memiliki masalah etis.

Ø  Pengamatan Natural

Pengamatan Natural adalah pengamatan kelakuan di lingkungan dunia nyata, tanpa berusaha memanipulasi control dari situasi.

Tes baku adalah sebuah penilaian tertulis atau lisan bagi individu yang menerima skor yang mengindikasikan  berapa besar responnya relatif terhadap yang lain. Tes baku membutuhkan individu untuk menjawab serentetan pertanyaan  lisan atau tulisan. Studi kasus adalah pembelajaran mendalam pada individu single. Studi kasus dilakukan terutama oleh psikolog klinis, saat untuk alas an etis , aspek unik dari individu tersebut tidak dapat diduplikasi atau dites pada individu lain.

Ø  Penelitian korelasional

Penelitian korelasional  adalah penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan kekuatan hubungan antara dua atau lebih kejadian atau karakteristik

 


Comments :

0 komentar to “Metode Dan Penelitian Ilmiah Pada Psikologi”

Posting Komentar

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by Tkp Otomotif

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger