Sabtu, 10 Desember 2011

Apa Manfaat Yoga Bagi Kesehatan?

Yoga adalah jenis latihan fisik yang terdiri dari berbagai pose atau gerakan. Yoga memiliki prinsip bahwa bahwa kekuatan membangun otot dan daya tahan. Yoga awalnya berasal dari India,  sebagai sebuah cara untuk mendisiplinkan pikiran dan tubuh, dan akhirnya mendapatkan popularitas di seluruh dunia sebagai metode efektif berolahraga dan cara untuk menjaga tubuh  tetap bugar. Latihan yoga menyajikan banyak manfaat mental maupun fisik. Secara tradisional, para praktisi yoga di India mengandalkan latihan untuk membantu mereka mencapai Moksha, istilah mereka untuk jenis pencerahan spiritual dan mental.
  • Manfaat fisik

Yoga memiliki manfaat fisik, diantaranya:  fleksibilitas, kekuatan, tonus otot, pencegahan rasa sakit dan pernapasan yang lebih baik. Berbagai pose yoga sangat menuntut, dan jika dilakukan dengan rutin dapat membantu peningkatan fleksibilitas dalam semua otot-otot tubuh. Mayoritas gerakan yoga adalah penopangan berat badan tubuh sendiri untuk jangka waktu yang lama, yang menghasilkan peningkatan kekuatan di kaki, perut, punggung, dada dan otot lengan. Yoga membantu otot bertumbuh menjadi panjang dan ramping, sehingga membuat otot terlihat. Latihan yoga juga membantu proses pernapasan yang lebih baik, sehingga pernapasan menjadi lebih dalam dan memiliki manfaat untuk memperkuat paru-paru. Akhirnya, yoga juga membantu dalam pencegahan rasa sakit di punggung dengan meningkatkan fleksibilitas seseorang danmanambah  kekuatan seluruh bagian tubuh secara umum. Semua aspek ini juga bertujuan untuk tercapainya kesehatan yang lebih baik.
  • Manfaat Mental

Manfaat kesehatan mental dari yoga diantaranya: pengurangan stres dan menciptakan ketenangan batin. Yoga melibatkan banyak teknik meditasi yang membantu membawa ketenangan tertentu untuk pikiran. Efek ketenangan ini juga bermanfaat untuk konsentrasi yang lebih besar. Selain itu, teknik-teknik meditasi yoga berkontribusi besar untukmenyembuhkan  stres. Konsentrasi yang besar memang diperlukan untuk melakukan mayoritas pose yoga, dan sangat bagus untuk menghilangkan stres dengan membantu seseorang melupakan masalah masa lalu, dan stress yang disebabkan oleh masalah sehari-hari.

Comments :

0 komentar to “Apa Manfaat Yoga Bagi Kesehatan?”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Tkp Otomotif

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger