Jumat, 09 Desember 2011

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan Menulis

Anda suka menulis? Anda ingin mendapatkan penghasilan pasif dari tulisan-tulisan yang anda buat? Dunia baru bernama internet siap mewujudkan impin anda itu. Dulunya, untuk bisa mendapatkan recehan uang dari menulis, anda harus susah-susah menulis karangan, cerpen misalnya. Kemudian anda kirimkan ke sebuah media lewat pos, lalu menanti dengan harap-harap cemas, apakah karangan anda di approve tidak. Beruntung bagi yang diterima, akan mendapatkan bayaran sebagai ucapan terima kasih karena telah berjasa membantu media tersebut mengisi kontennya. Namun, di abad informasi yang kian maju ini, dalam bumi baru anda bernama internet, anda boleh berbesar hati, karena tiap kepingan informasi anda bernilai.  Anda yang hobi menulis dan berbagi ilmu, kini bisa  menghasilkan uang anda sendiri lewat tulisan anda. Sederhananya begini, anda menulis informasi yang berguna bagi orang banyak, bisa berupa how to, artikel kesehatan, atau puisi sekalipun. Lalu anda terbitkan pada blog anda sendiri, atau website anda. Bila konten anda banyak dan bernilai, pengunjung akan berjubel di website anda. Apa artinya pengunjung yang banyak itu? Yap! Popularitas website dan traffic pengunjung inilah sumber uang anda. Apa yang terjadi saat sebuah stasiun televisi seperti RCTI yang banyak pemirsanya? Atau katakanlah sebuah majalah terkenal seperti Femina yang banyak pembacanya? Yups! Anda akan melihat iklan di dalamnya bukan? Inilah hal klasik dalam memonetize sebuah media bagi khalayak ramai. Perusahaan akan berbondong-bondong memamerkan produknya di media tersebut. Hasilnya, anda akan lebih memilih mie Sedap di supermarket daripada merek mie lain yang kurang terkenal kan?
Anda pun sekarang bisa merasakan nikmatnya penghasilan sendiri. Tanpa harus mempunyai stasiun TV, Radio, atupun Redaksi Majalah. Ada banyak orang di internet yang menghasilkan jauh lebih banyak dengan website atau blognya, bahkan mengalahkan income media-media yang disebutkan di atas. Sebut saja situs forum Indonesia seperti Kaskus, atau yang lebih maha lagi, Facebook misalnya. Internet memang tambang emas abad 20 ke atas, seperti kata milyarder Bill Gates. Anda berpeluang menghasilkan lebih banyak dengan internet. Bahkan anda bisa menjalankan semuanya sendiri, tanpa bantuan orang lain. Hasil dan keuntungannya pun milik anda sendiri. Enak benar bukan? Yah itulah hebatnya teknologi.
Lalu anda mulai bertanya, Lalu bagaimana sebenarnya cara mendapatkan uang dengan menulis? Ya, hal ini wajar bagi pemula. Saya pun pernah melontarkan pertanyaan itu, sebelum akhirnya terjun dan menyelam sendiri untuk mencari informasi, dalam sekian banyaknya lautan informasi tentang bisnis online di dunia maya. Well, Jangan khawatir, Saya akan berbagi hasil penelusuran saya bagi anda.  Sekelumit dari cara menghasikan uang di internet akan saya jabarkan di bawah ini:
·         Langkah awal, buat dulu blog atau website anda. Yang bukan asal-asalan. Yang dari hati.  Yang tulus mau berbagi informasi bagi orang banyak. Sebab situs kayak gitu aja yang bisa menjaring banyak pengunjung dan mendulang penghasilan dari internet. Entah itu situs tentang musik, olahraga, masak-memasak,atau beternak itik sekalipun. Tulis aja apa yang anda tahu dalam situs anda. Jangan buat situs yang membahas hal yang sama sekali bukan minat anda, biar ga down di tengh jalan. Dan anda juga tidak bakalan repot seruduk ke sana kemari mencari konten buat situs anda
·         Dengan asumsi bahwa website atau blog  anda telah matang, punya pengunjung lumayan, dan telah cukup lama bertengger di dunia maya, anda daftarkan situs anda ke penyedia layanan periklanan, biar situs anda diisi iklan oleh mereka. Ada banyak model iklan dan penayangannya. Ada yang mensyaratkan pengunjung harus mengklik dulu iklannya, baru anda dibayar (sering disebut PPC, paid per click. Tetapi ada juga yang menerapkan system bayar per 1000 tayang (atau lazim disebut CPM, Cost per Milion). Pilih saja yang menurut anda bisa memberikan hasil yang lumayan bagi situs anda.
·         Berikut daftar situs-situs yang menjanjikan dan terpercaya dalam bisnis periklanan. Yang dalam negeri biasanya jelek, karena bayarannya kecil dan statistiknya bisa di manipulasi. Makanya tulislah website anda dalam bahasa internasional, biar peluang dapat duitnya juga lebih gede.

1.       Google Adsense : situs periklanan no.1 dunia. Bayaran yang tinggi, namun menuntut performa website yang tinggi juga)
2.       Yahoo Publisher Network
3.       Adbrite
4.       Clicksor
5.       Chitika
6.       Kontera
7.       Adtoll
8.       Widgetbuck
9.       Yesadvertising
Oke? Selamat mencoba peruntungan di bisnis online ya

Comments :

0 komentar to “Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan Menulis”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Tkp Otomotif

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger