Rabu, 14 Desember 2011

Bagaimana Mengatasi Anak Yang Kurus

 
Anak yang susah makan sehingga badannya kurus memang sangat menjengkelkan dan memusingkan kepala para ibu di rumah. Sebenarnya apa sih penyebab seorang anak kurus? Pertama mungkin karena selera makannya rendah. Kedua, mungkin berat pada waktu lahirnya di bawah normal, sehingga laju pertumbuhannya berbeda dari anak seusianya. Karena itulah para ibu hamil sering diingatkan untuk banyak mengkonsumsi makanan bergizi serta istirahat yang cukup agar kandungannya sehat dan montok kelak.
Ketiga, mungkin anak anda kekurangan vitamin dan asam-asam amino potensial. Asam amino petensial berasal dari protein yang terdapat pada ikan, daging, kacang hijau dan telur. Hal inilah yang menyebabkan mengapa anak dari keluarga tidak mampu badannya kurus, sebab memang harga sumber protein terlampau mahal bagi mereka. Tapi ada sumber protein alternatif lain yang murah dan terjangkau harganya, yakni kacang hijau. Anda dapat mempertimbangkan kacang hijau dalam menu makanan sehari-hari.


Untuk mengatasi anak yang kurus badannya, ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan:

1. Carilah menu kesukaan sang anak, dan masaklah baginya dengan mempertimbangkan kadar nutrisi 4 sehat 5 sempurna. Contoh: Nasi, sup kacang hijau dan labu siam, tempe, serta bening bayam, sudah cukup memenuhi kebutuhan gizi anak. Akan lebih baik jika ditambah buah dan susu jika anda mampu.

2. Berikan obat perangsang nafsu makan yang rasanya disukai anak. Biasanya yang kerap digunakan adalah curcuma dan cyproheptadine, yang amat kuat menambah nafsu makan.

3. Berikan suplemen makanan tambahan bagi anak dengan tambahan kalori. Misalnya biskuit atau kue yang alami.

4. Hindari anak dari terlampau banyak jajan yang mengandung pemanis serta pengawet. Contohnya coklat, minuman ringan, serta permen. Makanan seperti ini akan memberi
dampak buruk bagi kesehatan anak

Comments :

0 komentar to “Bagaimana Mengatasi Anak Yang Kurus”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Tkp Otomotif

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger